SIAP GAKKUM Siap Berseluncur di Dunia Maya

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Rancangan Proyek Perubahan SIAP GAKKUM adalah SISTEM INFORMASI APLIKASI PERSURATAN yang akan dibangun oleh Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi. Hal ini disampaikan Achmat Yusuf Arief. S.H.,M.H saat mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXX Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Kemendagri Makassar Jalan Paccerakkang, Paccerakkang, Biringkanaya, Paccerakkang, Makassar, Sulawesi Selatan 90245. Selasa (14/5/2019).

SIAP GAKKUM menurutnya adalah Sistem Informasi Tata Surat Berbasis Web dan Mobile yang merupakan sistem informasi berbasis web dan mobile yang digunakan untuk pembuatan surat masuk, pengelolaan surat masuk, surat keluar dan surat disposisi.

Dikatakan Achmad Yusuf didepan para Penguji, "Sistem ini diterapkan dalam bentuk web dan mobile agar memudahkan pengguna untuk melakukan pekerjaan dimanapun dan kapanpun." 

SIAP GAKKUM seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru. 

"Teknologi Informasi dan Internet mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional (yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi pelayanan kepada customer/masyarakat sebagai fokusnya)." Beber Kepala Sub Tata Usaha Balai Gakkum.

Oleh karena itu TI menjadi salah satu elemen utama dalam memperbaiki sistem managerial pemerintahan.

Dibeberkan Achmad Yusuf, "Kepemerintahan yang baik (good governance), telah menjadi wacana yang paling mengemuka dalam pengelolaan administrasi pemerintahan sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi pemerintah. Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung tugas pokok dan fungsi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas termasuk menjunjang administrasi perkantoran."

Lebih lanjut dijelaskan Achmad Yusuf, "Untuk dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, maka setiap instansi pemerintah pusat dan daerah termasuk Balai Pengamanan dan Penegakan hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah seharusnya didukung oleh sistem administrasi yang memadai karena kesempurnaan dan kelengkapan sistem administrasi merupakan salah satu kebutuhan yang penting disetiap organisasi atau instansi pemerintah, dengan mengubah sistem manual ke sistem komputerisasi dalam era teknologi informasi penyelesaian dokumen dan surat-surat dinas pemerintah sudah merupakan keharusan dalam upaya untuk melakukan reformasi birokrasi dan untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance)."

"Salah satu diantaranya adalah dengan melaksanakan implementasi aplikasi tata naskah dinas elektronis di lingkungan instansi pemerintah." Terang dia 

"Dengan adanya SIAP GAKKUM di Balai Pengamanan dan penegakanan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sulawesi dapat melaksanakan kegiatan administrasinya dengan lebih mudah, cepat, transparan, tertib, terpadu, produktif, akurat, aman, dan efisien." Pungkas Achmad Yusuf.(R/Rajendra)